Iklan

Iklan

Taufik Budi Ajak Warga Belajar Menulis Kalimat Berita

 
Taufik Budi saat menilai kalimat berita dari warga belajar PKBM Mukti Utama, Minggu (20/9/2020).


Demak - PKBM Mukti  Utama  kembali menggelar kelas jurnalistik. Pada pertemuan kedua ini, mengambil tema "Menulis Kalimat Berita". Pelatihan menulis   berlangsung di sekretariat PKBM yang terletak di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah. Adapun peeserta yakni  para tutor dan warga belajarnya baik Paket B maupun Paket C serta pemuda desa setempat.

Pada kesempatan ini, Taufik Budi wartawan dari MNC TV berbagi ilmu tentang tips dan trik dalam penyusunan menulis berita dengan baik, akurat dan menarik.
"Dalam menulis kalimat berita dibutuhkan trik dan rumus bagi wartawan maupun pembaca supaya enak saat menulis dan nyaman ketika membacanya.  Sederhana kok, rumusnya adalah 5W+1H," tuturnya, Minggu (20/9/2020) 

Menurut Taufik , 5W+1H merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu (what, where, when, who, why dan how. Yang artinya apa, dimana, kapan, siapa, kenapa dan bagaimana. Dengan mengabungkan dari unsur-unsur tersebut akan menghasilkan sebuah kalimat berita yang ideal. 

“Kali ini kita membuat tulisan sederhana, yang penting ada 5W dan 1H dulu,” ujarnya.
Para warga belajar dan tutor  pada kelas jurnalistik ini sangat antusias dan bersemangat dalam mendengarkan dan pemahami penjelasan yang di bimbing oleh wartawan senior itu.
Suasana semakin menarik ketika semua peserta kelas jurnalistik diberikan kesempatan untuk menulis kalimat berita sesuai pengalaman dan keinginan masing-masing. (Samsu Dzakiroh)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.