Iklan

Iklan

Pastikan Kesehatan Prajurit, Anggota Koramil Mranggen Ikuti Tes Swab


Anggota Koramil 12/Mranggen saat melaksanakan tes swab, Rabu (21/10/2020)

DEMAK,BOLOMOE.com -– Guna memastikan kesehatan prajurit di jajaran Kodim 0716/Demak, terutama dalam menekan angka penyebaran Covid-19, anggota Koramil 12/Mranggen melaksanakan tes swab, Rabu (21/10/2020).

Menurut Dokter Kartika Kepala Puskesmas Mranggen 1, tes swab yang dilakukan kepada anggota  Koramil Mranggen ini, guna mencegah secara dini penyebaran virus Covid-19 di lingkungan prajurit TNI yang bertugas di wilayah Kecamatan Mranggen.

“Sesuai intruksi dari DKK Demak, semua jajaran puskesmas di setiap kecamatan nantinya akan melaksanakan test swab kepada anggota koramil. Tes swab ini untuk mengetahui kondisi kesehatan para prajurit TNI di wilayah Kodim Demak,” tutur  Kartika.

Menurutnya, anggota TNI dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya membina wilayah, selalu bersinggungan langsung dengan masyarakat luas. Terlebih TNI juga merupakan garda terdepan dalam percepatan penanganan Covid-19, selain tenaga kesehatan. Hal ini menjadikan anggota TNI rentan tersuspect virus, sehingga perlu dilakukan tes swab.

“Selama ini, peran TNI membantu dalam percepatan penanganan pandemi sangat besar. Aktivitas mereka menjadikan mereka tak luput dari ancaman Covid-19. Sehingga kita lakukan tes swab, guna mengecek kondisi kesehatan mereka,” ujar Kartika.

Sementara itu, Kapten Arm Sukartiyo Danramil Mranggen menjelaskan, pelaksanaan tes swab dari Puskesmas Mranggen 1 dilaksanakan selama dua hari. Hal ini dikarenakan, sebagian anggota koramil ada yang melaksanakan Karya Bhakti Serbuan Teritorial, naik dinas dalam atau kegiatan lainnya.

“Kita bagi dua gelombang untuk memudahkan pelaksanaan ini, mengingat sebagian mereka melaksanakan tugas yang lain. Hari ini ada 10 anggota yang ikut tes, sisanya akan dilaksanakan besok pagi,” jelas Kapten Sukartiyo.

Kapten Sukartiyo berharap hasil tes swab anggota Koramil Mranggen semuanya negatif. Namun, jika ternyata ada yang positif, sesuai petunjuk Dandim 0716/Demak Letkol Arh Mohammad Ufiz, untuk dilakukan karantina mandiri dengan pengawasan pihak puskesmas. 

“Semoga semuanya sehat dan bisa bekerja dengan tenang,” tutup Kapten Sukartiyo.(red)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.