Iklan

Iklan

Tanamkan Budaya Tertib Protkes, Tim SPDP Demak Bagikan Masker

Rudyanto Koordinator Tim SPDP menyerahkan masker kepada Muchklisin Sekretaris Desa Jamus   Kecamatan Mranggen di balai desa setempat, Jumat (6/11/2020)

Demak- Satuan Penegak Disiplin Protokol kesehatan (SPDP) terus menerus melakukan penertiban masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Kali ini Tim SPDP dari Dinas Kominfo dan Dinas Nakerind bersama satgas Kecamatan Mrangen, satgas Desa Jamus, Polsek serta Koramil Maranggen memberikan sosialisasi kepada warga Desa Jamus Kecamatan mranggen.

Selain mengedukasi warga terkait 3 M yakni dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, tim yang dipimpin oleh  Rudyanto itu juga membagikan masker. 

Secara simbolis, Rudy menyerahkan sebanyak 150 buah masker kepada  Sekdes Muchklisin  dibalai desa setempat. 

Pada kesempatan tersebut Rudy menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sudah berjalan selama enan bulan lebih, tentunya masyarakat sudah bosan bahkan banyak yang menghindar bila bertemu tim maupun satgas. 

"Meskipun masyarakat bosan bahkan sering menghindar bila bertemu dengan tim kita, namun kami tidak boleh ikutan bosan untuk menemui mereka, sebab ini merupakan tugas yang bertujuan menyelamatkan mereka dari serangan Covid-19," kata Rudy, Jumat (6/11/2020).

Sementara itu,Sekdes Muchlisin merasa prihatin atas menurunya kepedulian warga desa terhadap pandemi virus corona ini. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang tidak memakai masker saat berjamaah di masjid maupun aktifitas harian. 

"Dulu pada awal pandemi banyak warga yang memakai masker dan jaga jarak . Kini sudah terlihat ada yang tidak pakai masker. Mungkin karena bosan atau alasan lainnya," Ujar Muchlisin.

Menanggapi keluhan tersebut Rudyanto Koordinator SPDP menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Demak melalui tim SPDP terus menerus  memberikan sosialisasi dan edukasi serta penindakan kepada warga yang kurang patuh terhadap protkes. 

"Tugas kami tidak hanya membagi masker namun juga memberikan  pemahaman dan membudayakan warga memakai masker di era adaptasi kebiasaan baru ini," jelas Rudy.

"Dan warga hendaknya menyadari bahwa virus korona tidak akan hilang namun tetap ada dan berdampingan dengan manusia seperti virus flu, campak, HIV dan lainya. 

Nah untuk itu kita bisa mencegah penularan virus kepada diri kita maupun keluarga, saudara dan tetangga dengan membudayakan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mensterilian tangan", pungkas Rudy. (Red)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.