Iklan

Iklan

Bikin Macet dan Rawan Laka,Bina Marga Jateng Tutup Lubang Jalur Pantura


Petugas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, menambal jalan yang berlobang di ruas Jalan Pantura Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, Jawa Tengah , Senin (21/12/2020).

DEMAK,BOLOMOE.com -- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah selama penghujan tahun ini,menyebabkan Jalur Pantura Demak mengalami kerusakan. 

Selain bergelombang, jalan nasional itu juga berlubang.Terdapat beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan parah yakni di KM 9 Jalur Pantura Sayung, sepanjang jalan Wonokerto – Buyaran, Jalan Lingkar Demak serta Karanganyar.

Di kanan dan kiri bahu jalan,baik dari arah Kota Semarang maupun dari arah Kudus itu terdapat lubang yang cukup lebar dan dalam. Diameter lubang bervariasi antara 10-20 centimeter dengan kedalaman mencapai 10 centimeter.

Ratusan mata lubang yang menghiasi sepanjang jalan pantura mulai Kecamatan Sayung hingga Kecamatan Karanganyar itu, membahayakan bagi para pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor. Mereka rawan terperosok lubang dan terjatuh jika tidak berhati-hati saat melintas.

Selain rawan terjadi kecelakaan,dampak kerusakan jalan itu,juga mengakibatkan terjadinya  kemacetan. Kemacetan tak bisa terhindarkan ,terutama di titik paling parah yakni di depan Pasar Buyaran Kecamatan Karangtengah,hampir setiap pagi dan sore terjadi kemacetan di wilayah itu. 

Para pengguna jalan harus ekstra hati hati dan memperlambat laju kendaraannya saat melewati jalan berlubang.

Terkait adanya kerusakan jalan nasional itu, Bina Marga Provinsi Jawa Tengah telah melakukan upaya penyisiran jalan berlubang dan melakukan penambalan jalan serta memasang rambu rambu keselamatan agar para pengguna jalan berhati-hati saat melintas di jalur pantura.

“Paling parah di depan Pasar Buyaran. Lubang jalan ini kalau dibiarkan berbahaya. Hari ini , kami tutup dengan tambal sulam menggunakan aspal dingin,”kata Januar Fajar Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, seusai penambalan di ruas Jalan Pantura Desa kalikondang Kecamatan Demak Kota, Senin (21/12/2020).

Penyisiran jalan rusak dan berlubang dilakukan mulai Kaligawe Kota Semarang hingga Kudus sepanjang 45 Kilometer. Ada tiga tim perbaikan jalan yang diterjunkan untuk melakukan penyisiran dan penambalan jalan. 

“Hari ini kami hitung ada seratusan lubang. Aspal kalahnya sama hujan. Ini baru 60 persen kita lakukan perbaikan, lima hari kedepan semoga sudah selesai. Targetnya sebelum Natal,” ujar Januar.

Menurut Januar, sepanjang tahun Bina Marga Provinsi Jawa Tengah melakukan perawatan dan perbaikan jalan , baik di musim kemarau maupun musim penghujan. (AW)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.