Iklan

Iklan

Ditengah Pandemi,Kabupaten Demak Raih Prestasi KIP Award

 

Slamet Haryanto Wakil Ketua  KIP Jateng, menyerahkan piagam penghargaan KIP Award kepada Joko Sutanto Wakil Bupati Demak,Kamis (17/12/2020).

DEMAK,BOLOMOE.com -- Transparansi dan keterbukaan informasi publik Pemerintah Kabupaten Demak kini semakin baik dan berjalan sebagaimana mestinya.Tak salah jika kabupaten yang mendapat julukan Kota Wali ini meraih juara 2 sebagai kabupaten kota informatif, dalam kompetisi Komisi Informasi Publik (KIP) Award Jateng  tahun 2020.

Adapun juara pertama dalam ajang tersebut diraih oleh Kota Semarang, sedangkan juara ketiga yakni Kota Surakarta.Raihan prestasi tersebut bukan hal yang mudah, karena harus bersaing dengan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Selamat untuk Kabupaten Demak. Kami harap panjenengan semua tidak lekas puas dengan prestasi ini, agar kedepan dapat  meningkatkannya lagi. Tata kelola keterbukaan informasi publik lebih baik,tranparansi berjalan sebagaimana mestinya,"kata Slamet Haryanto Wakil Ketua  KIP Jateng, seusai menyerahkan piagam penghargaan KIP Award kepada Joko Sutanto Wakil Bupati Demak,Kamis (17/12/2020).

Acara yang berlangsung di Gedung Bina Praja tersebut tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Sekda Demak Singgih Setyono dan sejumlah pejabat hadir dalam penyerahan KIP Award tersebut.

Haryanto melanjutkan,  pelaksanaan KIP Award tahun ini masih ditengah pandemi Covid-19, meski demikian seluruh badan publik masih tetap semangat. Adapun kriteria penilaian ada empat tahap yakni monitoring dan evaluasi website milik pemerintah kabupaten/kota,Kuisioner terkait tata kelola keterbukaan,presentasi oleh PPID utama apakah memahami meknisme tata kelola keterbukaan  dan terakhir penilaian uji publik.

"Setelah melalui beberapa tahapan itu baru dilakukan penilaian dan hasilnya Kabupaten Demak mendapat kategori informatif,” ujar Haryanto.

Sementara itu, Joko Sutanto Wakil Bupati Demak mengatakan,mendapat anugerah sebagai kabupaten informatif membutuhan perjuangan yang luar biasa. Sekarang ini eranya adalah transparansi dan keterbukaan publik,karena itu banyak aplikasi yang dibuat oleh Pemkab Demak untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, kita peringat kedua setelah Semarang. Sebelumnya belum pernah kita bayangkan. Tahun depan kita harus nomor satu, sebagai kado di akhir masa jabatan saya,”kata Joko.(AW)

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.