Iklan

Iklan

Kurangi Pengangguran Terbuka, LKK PCNU Demak Gelar Pelatihan Kewirausahaan


Ketua LKK PCNU Kabupaten Demak Ida Nursa'adah memberikan bantuan perlatan kepada peserta pelatihan kewirausahaan,Sabtu (19/12/2020)

DEMAK,BOLOMOE.com -- Lembaga Kemaslahatan Keluarga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LKK PCNU) Kabupaten Demak menggelar pelatihan kewirausahaan,Sabtu (19/12/2020). Pelatihan tersebut dimaksudkan mendukung pemerintah mengurangi angka pengangguran terbuka.

Seperti diketahui,pandemi corona telah melemahkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Banyak orang kehilangan pekerjan dan tak sedikit perusahaan terpaksa meliburkan bahkan mem-PHK karyawannya, karena banyaknya aturan pembatasan.

Ketua LKK PCNU Kabupaten Demak Ida Nursa'adah mengatakan, pasca Covid-19,angka pengangguran terbuka di Kabupaten Demak meningkat hingga 56 persen,karena itu LKK PCNU Kabupaten Demak mengadakan pelatihan kewirausahaan, dalam rangka mendukung upaya pemerintah mengurangi angka pengangguran tersebut.

“Sudah menjadi tugas LKK NU untuk melakukan kerja-kerja produktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan keluarga,” kata Ida Nursa’adah.

Ada lima kelompok wirausaha peserta pelatihan, dua kelompok berasal dari Kecamatan Wedung, dua dari Bonang, dan satu dari Kecamatan Demak. Empat kelompok bergerak pada produksi makanan olahan, satu lagi pengadaan bahan. Mereka memperoleh pelatihan mulai dari manajemen usaha, pengolahan yang higienis, packaging, promo marketing online, hingga purna jual.

“Harapannya setelah mengikuti pelatihan dengan instruktur para pelaku usaha dan ahli di bidangnya, para peserta mampu menjadi wirausahawan mandiri. Dapat memanfaatkan ilmunya untuk merintis dan mengembangkan usaha yang islami. Sebagaimana semangat warga Nahdliyin bangkit dari keterpurukan dampak pandemi corona," ujar Mbak Ida sapaan akrab anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jateng itu.

Lebih lanjut Mbak Ida menyampaikan, bersamaan pelatihan Jaring Pengaman Sosial Tenaga Kerja Mandiri (JPS TKM), masing-masing kelompok wirausaha mendapatkan bantuan sarana usaha senilai Rp 40 juta. Bantuan tersebut diperuntukan untuk peralatan, pelatihan, pendampingan, serta promosi marketing online.

Tak hanya pelatihan,para peserta juga diberi fasilitas webinar dengan Staf Ahli Bidang Kewirausahaan PBNU Hadi Prayitno. Sehingga mereka bisa langsung menyampaikan kesulitan atau kendala yang dihadapi di lapangan, dan mendapatkan solusi dari ahlinya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Muhammad Aminudin Mas'udi menyambut positif pelatihan kewirausahaan bagi warga Nahdliyin, sekaligus mendukung upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi sosial pasca Covid-19.

“Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, mendapatkan ilmu keterampilan bermanfaat dan memiliki kemandirian dalam usaha. Aamiin,"ujar KH Aminudin. (AW).

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.