Iklan

Iklan

Tak Ada Penyekatan, Polda Jateng Periksa Adminstrasi Pemudik Arus Balik


Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menempel stiker di kendaraan pemudik yang lolos pemeriksaan administrasi saat melakukan pengecekan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung,Kota Semarang, Minggu (16/5/2021).

SEMARANG,BOLOMOE.com  - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung,Kota Semarang, Minggu (16/5/2021).

Dalam kegiatan tersebut, kapolda didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit serta pejabat Polda Jateng diantaranya Karo Ops, Karo Log, Dirlantas dan Kabid Humas.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, menyatakan bahwa hari ini pihaknya tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik.

Pemeriksaan kendaraan pemudik ini berkerjasama dengan Satgas Covid-19 Provinsi Jateng dan Pemerintah Kota Semarang, dengan melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan meninggalkan Provinsi Jawa Tengah di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung.

"Dengan catatan, apabila masyarakat tidak dilengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen surat swab, SIKM, KTP di Pos Kalikangkung, maka akan kita lakukan tes swab antigen," kata Irjen Luthfi.

Jika dalam tes swab terbukti reaktif, sambung kapolda,maka pemudik akan langsung di rujuk ke rumah sakit terdekat. Namun jika terbukti negatif, akan diberikan surat keterangan dan kendaraannya akan ditempeli setiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

"Terhitung hari ini dan kemarin, sudah ada 7.000 yang kita lakukan pemeriksaan. Dan Ditlantas Polda Jawa Tengah juga sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kita lakukan ini," ungkap Irjen Luthfi.

Kapolda juga menambahkan, Pos Terpadu Kalikangkung, juga menyiapkan swab antigen gratis bagi pemudik yang keluar dari Jawa Tengah. Kemudian kendaraan yang akan balik, akan diberi tanda stiker biru setelah pemerikasaan dinyatakan lengkap.

"Selain itu, ada 18 rest area yang sudah kita siapkan PPKM Mikro. Kita juga siapkan tes swab antigen serta memberikan himbauan kepada mereka,"tutup Irjen Luthfi.(AW)

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.