Iklan

Iklan

Vaksinasi Kedua Sasar Ratusan Warga Mranggen


Warga Desa Menur, Kecamatan Mranggen, Demak  mengikuti vaksinasi dosis kedua di halaman SDN Menur dengan didampingi babinsa dan bhabinkamtibmas ,Senin (16/08/2021).

DEMAK,BOLOMOE.com - Sebanyak 250 warga Desa Menur, Kecamatan Mranggen, Demak  melaksanakan vaksinasi dosis kedua di halaman SDN Menur, Senin (16/08/2021).

Vaksinasi yang dilakukan tim Puskesmas Mranggen II ini mendapat pendampingan dari Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Sertu Abdul Latif dan Bhabinkamtibmas Bripka Kresnandar.

Vaksinasi yang menjadi program utama pemerintah dalam upaya percepatan penanganan pandemi tersebut untuk membentuk herd imunity atau kekebalan kelompok masyarakat, sehingga diharapkan nantinya masyarakat dapat tetap produktif dan menjalankan aktivitas sehari-hari, walaupun dalam situasi pandemi.

Anis bidan desa setempat,menyatakan bahwa vaksinasi dosis kedua diberikan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk pada vaksin dosis pertama. Pada vaksin Covid-19 ini dilaksanakan dengan dua kali penyuntikan, dengan dosis 0,5 ml dan rentan waktu 14 hingga 28 hari dari dosis pertama ke dosis kedua.

Selain itu, suntikan vaksin dosis kedua juga dapat memperbesar sistem imun tubuh agar dapat mempelajari virus dan menangkal infeksi berikutnya serta memicu respons antibodi yang lebih cepat dan lebih efektif di masa mendatang.

"Vaksin ini sangat berguna untuk kita. Jika kita terkontaminasi Covid-19, vaksin inilah yang akan berperang melawan virus yang masuk, sehingga mengurangi bahkan mencegah resiko terburuk akibat virus ini," jelas Anis.

Dalam pelaksanaannya, vaksinasi tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga vaksinasi tidak menjadi klaster baru penyebatan virus. Vaksinasi dosis kedua ini ada beberapa warga yang tidak memenuhi syarat untuk disuntik vaksin. Mereka ditunda sampai benar benar memenuhi syarat menerima suntik vaksin.

Sementara itu Babinsa Mranggen, Sertu Abdul Latif menghimbau agar seluruh warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan, dimanapun dan kapanpun. Warga agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan 5M masker,mencuci tangan,menjaga jarak,menjahui kerumun serta mengurangi mobilitas.

"Walau sudah mendapatkan suntik vaksin, saya ingatkan kembali, kita masih bisa terkena Covid-19. Walau resiko yang diakibatkan virus ini kecil. Jangan takut divaksin, dan selalu patuhi protokol kesehatan,"kata Sertu Abdul Latif.(AB)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.