Iklan

Iklan

Dinpermades P2KB Dorong Bumdes Berkembang dan Hasilkan Profit

 

Bimbingan teknis Panggilan Potensi Menuju Desa Mandiri Melalui Bumdes, yang digelar Dinpermades P2KB Demak di Hotel Amantis

DEMAK,BOLOMOE.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan sebuah badan usaha yang dimiliki setiap desa guna membantu perekonomian desa dan juga memperkuat pendapatan desa.

Mengusung tema ‘Panggilan Potensi Menuju Desa Mandiri Melalui Bumdes’,Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) Pemkab Demak menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai Badan Usaha Milik Desa.

Kepala Dinpermades P2KB Drs Daryanto,MM saat membuka acara menyatakan bahwa ke depannya Bumdes harus berkembang untuk menjadi badan usaha yang professional dan menghasilkan profit.

Adapun tujuan dari diadakannya bimtek Bumdes ini adalah untuk meningkatkan kapasitas penggalian potensi desa.

“Serta meningkatkan keterampilan dalam hal membranding atau menunjukkan citra  positif dari desa,” kata Daryanto.

Selain itu,Daryanto juga menjelaskan bahwa kegiatan bimtek ini rencananya juga akan mengajarkan tentang siklus perencanaan pembangunan desa melalui sinkronasi perencanaan pembangunan Bumdes.

Lebih lanjut, Daryanto mendorong terciptanya situasi serta kondisi tentang perencanaan pengembangan Bumdes masuk dalam RKP Desa dan APBDes Tahun 2022.

“Perlu komitmen bersama agar Bumdes berkembang dan menghasilkan profit,”ujarnya.

Selain Kadinpermades P2KB Kabupaten Demak, ada juga narasumber tim Desa Hubungan Nusantara dari Jogjakarta yang memiliki pengalaman dalam branding desa.

Dalam pemaparannya, Tim Desa Hubungan Nusantara  memberikan cotoh desa-desa  mana saja yang telah sukses dalam mengembangkan Bumdesnya.

Kesuksesan tersebut tak lepas dari cara desa itu dalam membranding atau membentuk citra baik dari potensi yang dimiliki desanya.

Seluruh peserta mengikuti bimtek Bumdes dengan antusias dari awal hingga akhir. Tak hanya itu saja, banyak peserta juga aktif berpartisipasi dalam mengikuti bimtek tesebut.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.