Iklan

Iklan

Dinpermades P2KB Evaluasi Kinerja PLKB dan PKB Kecamatan Bonang



Evaluasi kinerja dan pembinaan PLKB dan  PKB Kecamatan Bonang.

DEMAK,BOLOMOE.com - Dinpermades P2KB Kabupaten Demak mengadakan evaluasi dan pembinaan Petugas Lapangan KB (PLKB) atau Petugas KB (PKB) Kecamatan Bonang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pemancingan Bule Wonosari Bonang tersebut dihadiri oleh Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes, Kasie Dalduk dan Iga Drs. Adi Susanto serta PKB dan PLKB Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Bonang.

Dalam kegiatan ini, Penyuluh KB menyampaikan hasil capaian program Bangga Kencana di desa binaan masing-masing penyuluh.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes memberikan evaluasi dari masing-masing paparan PKB dan PLKB dimana sebagaian paparan sudah dinilai bagus dan lengkap.

Namun demikian masih ada beberapa PKB/ PLKB yang belum menyampaikan paparannya karena sejumlah kendala yang dihadapi, solusi, peningkatan SDM, rekomendasi yang akan diberikan serta melakukan diskusi mengenai hambatan dan kesulitan penyuluh untuk mencapai hasil yang diharapkan.

“Jangan lupa untuk tetap memperhatikan 10 langkah PKB dan PLKB,”pesannya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan Hasil Susenas 2019 diantaranya Total Fertility Rate (TFR) Demak yang posisinya lebih baik daripada tingkat provinsi yaitu 2,15, sedangkan tingkat provinsi hanya 2,09.

Kemudian Age Specific Fertility Rate (ASFR) yakni rata-rata jumlah anak yang dimiliki oleh seorang wanita usia 15-19 tahun kelahiran per 1000 wanita,dimana di tingkat provinsi 25 kelahiran dan di tingkat kabupaten 14 kelahiran

Penggunaan Modern Contraceptive Prevalence Ratem (MCPR/CU) di tingkat provinsi 56, 7 persen dan di tingkat kabupaten  66,34 persen.

Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) tingkat provinsi sebesar 28,48 persen sedangkan untuk Kabupaten Demak 24,42 persen.

Pasangan Usia Subur yang tidak ingin punya anak lagi atau yang ingin (Unmet Need) di tingkat provinsi 18,59 persen dan Kabupaten Demak 12,47 persen. Terakhir Usia Kawin Pertama tingkat provinsi 20 tahun dan Kabupaten Demak juga 20 tahun

“Masing-masing PKB/ PLKB yang memiliki desa binaan Kampung KB untuk mengentry SK Rumah Dataku di Aplikasi Siga. Semoga dengan kegiatan evaluasi kinerja PKB PLKB ini, pencatatan dan pelaporan Balai Penyuluhan KB Bonang semakin rapi dan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan evaluasi PKB dan PLKB,”ujarnya.***

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.