Iklan

Iklan

Dinpermades P2KB Gelar Penyuluhan KB Bagi Mitra Tenaga Kesehatan Kecamatan Sayung

 

Sukardjo,SKM,M.Kes Kabid P2PP memberikan arahan kepada tenaga kesehatan dan penyuluh KB di Kecamatan Sayung

DEMAK,BOLOMOE.com - Kegaiatan operasional penyuluhan keluarga berencana Kecamatan Sayung kembali digelar.

Kegiatan tersebut mengundang tenaga kesehatan dan perwakilan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

Hal itu dimaksudkan agar menjadi pengingat tugas penting masing-masing mitra dalam pencatatan dan pelaporan program Keluarga Berencana (KB) setiap bulannya.

Pertemuan yang berlangsung di Desa Tambakroto, Kecamatan Sayung tersebut diawali dengan sambutan dan paparan singkat dari Koordinator Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Sayung Fatimah Nur Pratiwi.

Dalam paparannya Fatimah menyampaikan perihal capaian Peserta KB Baru (PB) Kecamatan Sayung terhadap Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) sampai Bulan Agustus 2021.

Dari KB Metode Kontrasepsi jangka Panjang (MKJP) capaian tertinggi untuk jenis kontrasepsi mantap Metode Operasi Wanita (MOW) di angka 462,50%.

“Sementara untuk Non MKJP masih terbilang rendah untuk ketiga jenis alat kontrasepsi (alkon), dengan yang terendah kondom di posisi 4,82%,” kata Fatimah.

Dalam kegiatan tersebut turut pula diinfokan mengenai kegiatan bakti sosial pelayanan KB MKJP dalam rangka HUT TNI ke-76 di Bidan Praktik Mandiri (BPM)  Sudarti dengan total calon akseptor yang terdaftar sebanyak 28 orang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan berbagi pengalaman Sub PPKBD dalam menangani keluhan ataupun kegagalan akseptor KB yang dipandu oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Abdul Syukur.

Sub PPKBD diingatkan agar turut berkonsultasi dengan PKB/PLKB, baik secara  langsung atau melalui PPKBD masing-masing desa.

Kepala Dinpermades P2KB Daryanto melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes dalam paparannya memastikan pemahaman masing-masing mitra terhadap tugas pemutakhiran data. Dimana untuk petugas R/R hasil tugasnya sudah jelas berupa laporan bulanan F/II/KB.

Sementara untuk Sub PPKBD, data yang dimutakhirkan setiap bulannya meliputi data Pasangan Usia Subur (PUS) baru karena menikah, PUS meninggal, ibu hamil, ibu melahirkan dan KB baru.

Paparan pun ditutup oleh Kasi Dalduk dan Iga Drs. Adi Susanto,MM, yang menyampaikan hasil Susenas Kabupaten Demak, yaitu Peserta KB Aktif (PA) persentasenya 66,38%, sementara untuk Kecamatan Sayung PA bulan Juli 2021 di angka 72,42%.

“Melalui kegiatan itu diharapkan hubungan kemitraan yang telah terjalin baik selama ini dapat terus berlanjut dan semakin meningkat,”tutur Sukarjo.***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.