Iklan

Iklan

Kampung KB Desa Brakas Kembangkan Potensi Desa dengan Batik Ecoprint

 

Praktik pembuatan batik Eco di Kampung KB Desa Brakas Kecamatan Dempet

DEMAK,BOLOMOE.com – Desa Brakas Kecamatan Dempet menjadi salah satu kampung Keluarga Berencana (KB) yang berada di Kabupaten Demak.

Kampung KB ini terus berupaya dalam menunjukkan eksistensinya dengan mengembangkan potensi desa yang ada.

Salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan adalah dengan membuat batik Ecoprint. Batik jenis ini tergolong mudah dibuat lantaran menggunakan bahan dasar alami,salah satunya dedaunan.

Dalam kegiatan pertemuan Pokja Kampung KB Desa Brakas yang berada di rumah ketua kampung,Tri Mulyatini selaku Koordinator Balai Penyuluhan KB Kecamatan Dempet menyampaikan dukungannya. Kegiatan membatik dengan menggunakan dedaunan tersebut nantinya akan didampingi oleh beberapa Mahasiswa dari Unimus yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Saya mendukung penuh kegiatan pengembangan potensi desa seperti ini,”kata Tri Mulyatini.

Ahlam Kamal Kasi Advokasi dan Penggerakan Dinpermades P2KB menyampaikan bahwa Kampung KB Desa Brakas ini sebelumnya telah dicanangkan sejak tahun 2016. Kampung KB Desa Brakas terus berupaya menjadi kampung yang kreatif dengan memunculkan berbagai macam inovasi baru melalui kegiatan,seperti pembuatan batik Ecoprint.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes, mengungkapkan rasa bangganya terhadap Kampung KB Desa Brakas. Ia menyambut baik inovasi yang dilakukan Kampung KB Desa Brakas yang membuat inovasi untuk mengembangkan potensi desa yang dimiliki untuk menjadi sebuah karya.

“Dengan adanya pembuatan batik yang terbuat dari dedaunan ini akan mampu membuat lingkungan menjadi bersih. Apalagi bahan dasarnya juga mudah didapat,banyak terdapat di pekarangan rumah kita,”kata Sukardjo. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.