Iklan

Iklan

Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, Kampung KB Bogosari Buat Bank Sampah

Kampung KB Desa Bogosari buat bank sampah,sebagai solusi mengatasi persoalan sampah di wilayah mereka

DEMAK,BOLOMOE.com – Permasalahan sampah saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi masyarakat  dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Banyaknya sampah tentunya dapat membawa beragam masalah seperti banjir dan masalah kesehatan. Beragam cara telah dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut.

Salah satunya adalah dengan membuat bank sampah seperti yang dilakukan oleh Kampung KB Desa Bogosari Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.

Rencana pembuatan bank sampah tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Bogosari Muhammad Makhruf yang juga pegiat lingkungan saat menghadiri rapat kelompok kerja Kampung KB Desa Bogosari.

“Maksud dan tujuan dibuatnya bank sampah di Kampung KB Desa Bogosari ini,agar lingkungan menjadi lebih bersih, nyaman, asri dan bebas dari sampah,”kata Makhruf.

Makhruf mengajak seluruh warga untuk bertekad dan berkomitmen menciptakan Desa Bogosari bersih dan bebas dari sampah. Tentunya niat tersebut membutuhkan kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk memulai budaya hidup sehat dan bersih.

“Nantinya banyak manfaat yang di dapat dengan adanya bank sampah ini,”ujarnya.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh inovasi yang dilakukan oleh kampung KB Desa Bogosari, terutama dalam hal pengelolaan dan pengolahan sampah.

“Diharapkan anggota pokja dapat mengajak masyarakat sekitar untuk lebih peka terhadap kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah,”ujarnya.

Adapun manfaat lain yang diperoleh yakni dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dengan mengubah sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bernilai ekomomis.

“Jika dikelola dengan baik juga dapat menambah PAD desa serta menjadikan lingkungan lebih nyaman karena bebas sampah,”kata Sukardjo. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.