Iklan

Iklan

Bangun Keluarga Sejahtera, Dinpermades P2KB Edukasi Pengasuhan 1000 HPK Bagi Ibu dan Keluarga


Kegiatan edukasi pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk ibu hami di Desa Betahwalang Kecamatan Bonang

DEMAK,BOLOMOE.com – Belasan ibu-ibu di Desa Betahwalang Kecamatan Bonang mendapatkan edukasi terkait pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Acara yang berlangsung di aula Balai Desa Betahwalang itu,selain diikuti oleh ibu hamil dari desa setempat,juga dihadiri bidan desa, kader desa dan PLKB/PKB.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator BPKB Kecamatan Bonang Tri Larasati yang menyampaikan bahwa kegiatan edukasi 1000 HPK ini diharapkan dapat diikuti dengan baik karena ibu hamil sebagai pembentuk generasi penerus bangsa yang harus sehat dan bebas stunting.

“Periode emas anak justru dimulai sejak dalam kandungan yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Adapun tiga fase 1000 HPK yaitu ketika dalam kandungan, bayi lahir hingga 6 bulan, dan 6 bulan hingga 2 tahun,”katanya.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh Bambang Prosidiantoro Kasi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinpermades P2KB yang menyampaikan tentang pengertian, dampak dan penyebab stunting. Ia juga menyampaikan cara pencegahan agar anak terhindar dari kekurangan gizi.

“Yang dapat dilakukan antara lain dengan pemberian gizi yang seimbang, mengikuti kelas kehamilan, sering memeriksakan kehamilan, tidak merokok, ASI eksklusif, inisiatif menyusui dini, dan biasakan hidup bersih,”ujarnya.

Sementara PKB Sumarwanto, menyampaikan terkait tentang pencegahan stunting seperti pentingnya tablet penambah darah bagi ibu hamil untuk peningkatkan HB selama masa kehamilan, mengikuti posyandu, mengkonsumsi gizi seimbang, memberikan asi eksklusif dan menyampaikan jenis-jenis KB Pasca Persalinan.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes mengatakan,edukasi keluarga mengenai pengasuhan 1000 HPK menjadi hal yang penting diberikan kepada keluarga sebagai modal utama dalam pembangunan keluarga sejahtera dan pembentukan sumber daya yang berkualitas.

Pengasuhan adalah suatu proses panjang dalam kehidupan seorang anak dan pengasuhannya mulai dari masa prenatal hingga dewasa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam edukasi keluarga, meningkatnya pengetahuan ibu terkait penguatan fungsi keluarga dan pengasuhan 1000 hari pertama kelahiran,”tuturnya. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.