Iklan

Iklan

Dinpermades P2KB Demak Edukasi Pengasuhan 1000 HPK bagi Ibu Hamil

 

Edukasi  pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) kepada ibu hamil di Desa Kembangan Kecamatan Bonang

DEMAK,BOLOMOE.com - Dinpermades P2KB Kabupaten Demak memberikan edukasi terkait pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan  (HPK) kepada belasan ibu hamil di Desa Kembangan Kecamatan Bonang.

Bertempatdi Balai Desa Kembangan,kegiatan yang difasilitasi oleh Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Bonang tersebut,tak hanya diikuti oleh ibu hamil saja,akan tetapi juga dihadiri bidan desa, kader desa dan Petugas Lapangan KB (PLKB) atau Penyuluh KB (PKB).

Pemaparan materi disampaikan oleh Kasi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinpermades P2KB Bambang Prosidiantoro, SP yang menyampaikan tentang pengertian, dampak dan penyebab stunting. Ia juga menyampaikan cara pencegahan agar anak terhindar dari kekurangan gizi.

“Yang dapat dilakukan antara lain dengan pemberian gizi yang seimbang, mengikuti kelas kehamilan, sering memeriksakan kehamilan, tidak merokok, ASI eksklusif, inisiatif menyusui dini, dan biasakan hidup bersih,”katanya.

Dalam pemaparan materinya,Bambang juga menjelaskan 8 fungsi keluarga bagi kehidupan anak yakni fungsi agama, kasih sayang,perlindungan,sosial budaya,reproduksi,sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta pembinaan lingkungan.

Selanjutnya PKB Sumarwanto,S.KM menyampaikan materi terkait tentang siapa aja yang berpotensi memiliki resiko tinggi akan stunting, cara pengasuhan 1000 HPK serta jenis jenis KB pasca persalinan.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes menyatakan bahwa periode emas anak justru dimulai sejak dalam kandungan yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Adapun tiga fase 1000 HPK yaitu ketika dalam kandungan, bayi lahir hingga 6 bulan dan 6 bulan hingga 2 tahun.

“Dengan kegiatan kali ini,diharapkan agar para Ibu hamil lebih menjaga dan merawat kehamilannya dan paham pentingnya pencegahan stunting dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan.”kata Sukardjo. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.