Iklan

Iklan

Dinpermades P2KB Lakukan Pembinaan Kader PPKBD Kecamatan Wonosalam

 

Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes saat melakukan pembinaan kinerja kader PPKBD di Desa Tlogodowo Kecamatan Wonosalam

DEMAK,BOLOMOE.comDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melakukan pembinaan kepada belasan kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) di Kecamatan Wonosalam.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tlogodowo Kecamatan Wonosalam itu, diikuti sebanyak 17 kader PPKBD dari 21 desa. Acara tersebut juga diikuti oleh Petugas Lapangan KB (PLKB) Kecamatan Wonosalam.

Pembinanan kinerja PPKBD selama tahun 2021 tersebut dilakukan oleh Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes. Para peserta dengan antusias menyimak materi pembinaan yang disampaikan.

Dalam pertemuan itu diketahui persentase pencapaian KB baru di setiap desa di Kecamatan Wonosalam,dimana pencapaian persentase KB Baru paling rendah dari Desa Kerangkulon. Setelah dilihat persentasi per alat kontrasepsi, pencapaian rendah dikarenakan KB baru non MKJP masih rendah.

Setelah dilakukan tanya jawab dengan PPKBD dan  Penyulu KB (PKB), ditemukan masalah pencatatan mengenai peserta KB baru non MKJP. Hal ini juga dialami oleh beberapa desa yang mengalami presentasi rendah.

“Untuk menyelesaikan masalah tersebut,PPKBD harus berperan aktif datang ke fasilitas kesehatan swasta di desa setempat. Sehingga catatan untuk pengguna KB baru non MKJP dapat tercatat dengan baik,”katanya.

Menurut Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak,pencatatan merupakan kegiatan mencatat maupun mengelola yang berkaitan dengan kegiatan KB. Kegiatan ini sangat penting,sebab hasil pencatatan dan pelaporan menjadikan acuan atau dasar atas pelaksanaan program KB.

“Diharapkan pencatatan dan pelaporan KB dapat lancar, sehingga semua pencapaian akseptor KB dapat menyeluruh,”ujarya. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.