Iklan

Iklan

Melihat Potensi Kampung KB Melalui RDK


Orientasi lini lapangan  di Kecamatan Mranggen

DEMAK,BOLOMOE.com – Rumah Data Kependudukan (RDK) merupakan sebuah basis data yang didalamnya terdapat informasi mengenai pembangunan tingkat mikro dari Kampung Keluarga Berencana (KB).

Pada acara orientasi lini lapangan tingkat Kecamatan Mranggen yang digelar oleh Dinpermades P2KB melalui Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Mranggen,Kordinator BPKB Kecamatan Mranggen, Virdian Tris S menjelaskan tentang RDK.

Virdian menyatakan bahwa RDK harus mempunyai pondasi dalam pelaksanaannya,salah satunya adalah Surat Keputusan RDK yang telah disahkan oleh kepala desa setempat.

“Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dan harus ditampilkan dirumah data Kependudukan yaitu mulai data penduduk baik itu laki-laki maupun perempuan, data mutasi,data kelompok umur, mata pencaharian, data pendidikan,kesehatan,dan data KB,”kata Virdian.

Tak hanya itu saja, Virdian juga menjelaskan bahwa data RDK juga harus ada data mengenai capaian vaksinasi yang bisanya dihimpun melalui lintas sektoral seperti Puskesmas, BPS, BP Pertanian, KUA, Dukcapil, Dinas Pendidikan, maupun hasil Pendataan terakhir seperti Pendataan Keluarga 2021 dan SDGS.

Dalam Kegiatan tersebut, para kader Rumah Data Kependudukan (RDK) selanjutnya diminta untuk membuat grafik dan akan menampilkan data-data tersebut di data dinding RDK.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes mengungkapkan bahwa dengan adanya data RDK yang tercantum di kampung KB Desa Waru ini, dapat memudahkan masyarakat maupun lintas sektoral lainnya untuk melihat kondisi maupun potensi yang ada di Kampung KB Desa Waru.

“Jadi, dengan adanya RDK ini,kita bisa melihat potensi yang ada di kampung KB,”ujarnya.  

Selain BPKB Mranggen, acara orientasi lini lapangan acara tersebut, juga dihadiri oleh pengurus Rumah Data Kependudukan dan Sub PPKBD Desa Waru serta Sekretaris Desa Waru Karnadi dan sebagian warga Kampung KB. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.