Iklan

Iklan

Pahami Gejala Long Covid-19, Warga Harus Jaga Prokes

 

Dokter Lisa Novipuspitasari, Sp.PD dalam bincang siang bersama RSKW 104.8 FM dengan tema Long Covid-19, Selasa (16/11/21).

DEMAK,BOLOMOE.com – Pandemi Covid-19 masih melanda sejumlah wilayah di Indonesia dan hingga saat ini belum berakhir. Meskipun tren kasus Covid-19 itu di sejumlah daerah mengalami penurunan,termasuk di Kabupaten Demak,akan tetapi masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan dan memahami gejala long Covid-19.

Dokter Lisa Novipuspitasari, Sp.PD mengatakan, long Covid-19 adalah kumpulan gejalaa sisa akibat pernah terkena Covid-19. Pasien Covid-19 menimbulkan berbagai macam gejala, tidak hanya dari saluran nafas saja namun juga saluran pencernaan. 

“Ketika periode infeksinya selesai, terkadang pasien masih merasakan gejala sisa akibat penyakit tersebut. Gejalanya bervariasi dan setiap orang berbeda-beda,” tutur dr Lisa dalam bincang siang bersama RSKW 104.8 FM dengan tema Long Covid-19, Selasa (16/11/21).

Menurutnya, ada gejala sisa yang cepat teratasi dan ada juga gejala yang bisa sampai dua bulan bahkan tiga bulan. Walaupun sudah tidak menular dan virusnya sudah hilang namun sisa jejak jadi gejalanya masih ada

Adapun gejala long Covid-19 yaitu di saluran pernafasan lebih mudah terengah-engah , kemudian batuk tapi tidak bisa di katakan batuk jadi ada dahak yang sulit di keluarkan berasa ada yang tersangkut di dalam tenggorokan, dan ada sesuatu yang mengganjal.

“Ada nyeri dada, jadi sering berdebar-debar atau menggeh-menggeh. Padahal kalau di cek ronsen itu bagus,kemudian juga kalau jalan itu terasa capek sekali. Ada juga gejala yang menyebabkan tidak fokus atau suka blank dan ada juga gejala seperti sakit kepala” ungkapnya.

Lisa menyatakan bahwa kelompok yang rentan terkena long Covid-19 bermcaam-macam, tidak semuanya lansia namun juga bisa menyerang anak muda, karena itu harus menjaga kondisi tubuh dan mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi, lansia itu beresiko long Covid-19 tapi yang muda pun bisa kena juga. Karena itu,untuk seluruh masyarakat ketika ternyata merasa gejala long Covid-19 segera periksa ke dokter,” ujarnya. (ARI)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.