Iklan

Iklan

Percepat Penurunan Stunting,Dinpermades P2KB Gelar Pertemuan Lintas Sektor di Kecamatan Sayung.


Kegiatan operasional penyuluhan KB bagi mitra lintas sektor di Kecamatan Sayung

DEMAK,BOLOMOE.com - Dinpermades P2KB Kabupaten Demak menggelar kegiatan operasional penyuluhan KB bagi mitra lintas sektor di Kecamatan Sayung.

Acara yang berlangsung di aula Kantor Kecamatan Sayung itu, dipandu langsung Kasi Advokasi, KIE dan Penggerakan Bidang P2PP Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Drs Ahlam Kamal, MM.

Sinergitas program penurunan stunting antara BKKBN dan mitra  lintas sektor terkait, mengemuka  dalam diskusi yang berlangsung gayeng itu.

Plt Sekcam Sayung Sukarman,S.Sos,MM mengawali jalannya kegiatan dengan meminta para hadirin dapat urun rembug serta berkontribusi bagi upaya penurunan angka stunting. Khususnya bagaimana peran lini sektor disini, termasuk kader terkait yang nantinya mengemban tugas untuk bisa memaksimalkan potensinya.

Selain itu, secara singkat ia juga menyampaikan perihal hasil evaluasi APBDes Perubahan Kecamatan Sayung, dimana ada salah satu desa yang justru anggaran penanganan stuntingnya tak terserap.

“Ini tentunya menjadi sorotan bersama agar kedepannya penurunan stunting di berbagai sektor ini dapat menjadi lebih baik lagi,”katanya.

Kemudian Penyuluh KB Abdul Syukur yang mewakili Koordinator Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Sayung,dalam kesempatan ini menyampaikan terimaksih atas kehadiran para undangan yang terkait dengan upaya percepatan penanganan stunting, serta secara umum dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana. Karena tentunya, cakupan program Bangga Kencana bukan hanya berkutat pada masalah KB, namun lebih jauh pada upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu,sharing session menjadi bagian dalam materi inti oleh narasumber Kasi Advokasi, KIE dan Penggerakan Bidang P2PP Drs Ahlam Kamal, MM,dimana masing- masing mitra mengungkapkan perihal kegiatan yang telah berjalan dan mencakup upaya penurunan angka stunting. Seperti KUA, yang juga menyampaikan harapannya agar kegiatan penyuluhan calon pengantin bersama PKB/PLKB dan puskesmas kembali digencarkan, sebagai pintu masuk pencegahan stunting dari calon orang tua.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes mengatakan,terkait persoalan stunting,Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah diberi amanat oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi koordinator percepatan penurunan stunting di Indonesia.   

Dalam pelaksanaannya, penyelesaian stunting ini menuntut semua sektor harus saling bekerja sama secara terpadu dan berkesinambungan mengerjakan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sector

“Persoalan stunting merupakan satu diantara persoalan bangsa Indonesia. Tentunya kita mengapresiasi sinyal kesanggupan semua sektor dalam mengawal penurunan angka stunting di Kecamatan Sayung dan Kabupaten Demak secara umum,”kata Sukardjo. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.