Iklan

Iklan

Posyandu Jadi Pintu Deteksi Dini Pencegahan Stunting bagi Balita

 

Pelayan posyandu bagi balita di Desa Mlekang Kecamatan Gajah

DEMAK,BOLOMOE.com – Semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak kegiatan yang akhirnya tertunda atau dibatasi.

Di Desa Mlekang Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, selama pandemi program posyandu yang ada di desa tersebut sempat dihentikan sementara untuk menghindari sebaran virus Covid-19.

Terhentinya program posyandu ini tentunya menimbulkan kerugian tersendiri bagi masyarakat lantaran tidak adanya akses pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak.

Salah satu kegiatan program posyandu adalah dengan melakukan deteksi dini untuk memantau kesehatan para balita termasuk jika terdapat balita stunting.

Program posyandu, menjadi bagian penting dalam merekam secara periodik tingkat kesehatan balita dari waktu ke waktu. Selain itu, semua stakeholder juga terlibat di dalamnya, mulai perangkat desa, kader posyandu dan PKB Desa Bina.

Melihat tren sebaran kasus Covid-19 yang perlahan mulai dapat di kendalikan, Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) memutuskan untuk kembali melaksanakan program posyandu di Desa Mlekang.

Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes meninjau secara langsung dibukanya Pos 3 Posyandu yang bertempat di salah satu perangkat Desa Mlekang.

“Tentunya dengan digalakkannya kembali program posyandu di Desa Mlekang ini, juga harus dibarengi penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya,”kata Sukardjo.

Pos 3 Posyandu di Desa Mlekang mencakup wilayah RW 2. Melihat kegiatan posyandu kembali dibuka, banyak ibu-ibu antusias untuk membawa balitanya ke Pos Posyandu tersebut. Tercatat kegiatan posyandu ini dihadiri 49 balita dengan pencapaian kehadiran 100 persen.

Erni (35) mengaku senang dengan dibukanya kembali program posyandu di desanya ini, dirinya bercerita selama pandemi kesulitan untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“Alhamdulillah posyandu di Desa Mlekang kembali di gelar,”ucap Erni. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.