Iklan

Iklan

Belasan Ibu Hamil Dapat Edukasi Pengasuhan 1000 HPK

 

Para ibu hamil di Desa Kembangan Kecamatan Bonang mengikuti kegiatan edukasi pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

DEMAK,BOLOMOE.com – Belasan ibu-ibu di Desa Kembangan Kecamatan Bonang mengikuti kegiatan edukasi pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Acara yang bertempat di Balai Desa Kembangan itu, tak hanya diikuti para ibu hamil saja, namun juga dihadiri oleh bidan desa, kader desa dan PLKB/PKB.

Kegiatan dibuka oleh koordinator BPKB Kecamatan Bonang Tri Larasati. Dalam kesempatan itu, Tri menyampaikan bahwa kegiatan edukasi 1000 HPK ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pada ibu hamil tentang 1000 HPK dan stunting.

Menurutnya,ibu hamil sebagai pembentuk generasi penerus bangsa harus sehat dan kuat, sehingga anak-anak mereka juga menjadi sehat dan bebas stunting.

“Para ibu diharapkan dapat memperhatikan gizi selama kehamilan dan gizi pada balita, serta selalu memantau tumbuh kembang balita,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, dr Nurhayati Kepala Puskesmas Bonang I yang dihadirkan sebagai narasumber ,menyampaikan materi terkait pencegahan stunting pada 1000 hari pertama kehidupan.

Dia menjelaskan tentang pengertian stunting, faktor penyebab stunting dan dampak stunting. Perbedaan antara pendek dengan stunting,karena tidak semua perawakan pendek itu stunting.

“Ada tiga faktor yang berperan terjadinya stunting yaitu infeksi, nutrisi dan lingkungan,”ungkapnya.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes menyatakan bahwa kelompok resiko tinggi stunting dapat dicegah dengan 1000 ari pertama kehidupan (HPK). Adapun tiga fase 1000 HPK yaitu ketika dalam kandungan, bayi lahir hingga enam bulan dan enam bulan hingga dua tahun.

“Menjalankan pola hidup sehat serta dukungan asupan makanan yang bergizi dan seimbang merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil,”tuturnya. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.