Iklan

Iklan

Calon Pengantin di Desa Kembangan Dapat Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Stunting

 

Sukardjo, SKM, M.Kes Kabid P2PP Dinpermades P2KB Demak saat memberikan pemahaman terkait kesehatan reproduksi dan stunting bagi calon pengantin  di Desa Kembangan Kecamatan Bonang.

DEMAK,BOLOMOE.com – Dinpermades P2KB melaksanakan kegiatan pemahaman kesehatan reproduksi dan stunting bagi calon pengantin di Desa Kembangan Kecamatan Bonang.

Selain remaja calon pengantin, acara yang berlangsung di balai Desa Kembangan itu juga  dihadiri PKB Kecamatan bonang, Sukardjo, SKM, M.Kes Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan (P2PP) Dinpermades P2KB Demak dan Sholehul Hadi Kepala KUA Kecamatan Bonang.

Sholehul Hadi memberikan pemahaman dan pengertian kepada para calon pengantin tentang arti pernikahan. Dia juga menyampaikan tentang dasar hukum pernikahan, pengertian pernikahan, bahaya pernikahan dini yang merupakan salah satu penyebab lahirnya keturunan stunting dan faktor yang menyebabkan pernikahan dini.

“Para calon pengantin harus tahu,bahwa pernikahan dini menjadi salah satu penyebab lahirnya keturunan stunting,”katanya.

Sholehul juga menyampaikan tentang masih banyaknya pengajuan pernikahan dibawah umur di wilayah Bonang. Untuk itu dia meminta para remaja untuk mencegah dan menjauhi pergaulan negatif dengan memperbanyak ibadah, mengisi waktu dengan ketrampilan dan membantu pekerjaan orangtua.

“Jauhi pergaulan negatif dengan selektif memilih teman. Batasi penggunaan gadget, gunakan media sosial untuk hal yang positif,”pesannya.

Dalam kesempatan itu, Sholehul juga berpesan mengenai pentingnya pernikahan yang tercatat di KUA.

Sementara itu, Sukardjo, SKM, M.Kes Kabid P2PP Dinpermades P2KB Demak menyampaikan terkait pernikahan dini dan pentingnya untuk menjaga kesehatan sebelum menikah. Dia juga menyampaikan terkait kesehatan reproduksi dan menghindari seks bebas agar tidak mengalami penyakit kelamin dan HIV/AIDS.

“Diharapkan remaja sehat sehingga memiliki masa depan cerah dan menghasilkan generasi yang sehat bebas stunting,”tuturnya.

Sukardjo juga menyampaikan pentingnya tablet penambah darah dan gizi seimbang bagi remaja. Ia juga menyampaikan tentang stunting, persiapan kehamilan, pentingnya inisiasi menyusui dini dan asi ekslusif serta Mengenalkan jenis-jenis KB pasca persalinan. ***

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.