Iklan

Iklan

Calon Pengantin di Mijen Dapat Edukasi Kesehatan Reproduksi

 

Calon pengantin saat mendapat edukasi kesehatan reproduksi di KUA Mijen

DEMAK,BOLOMOE.com - Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Mijen bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen mengadakan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi bagi calon pengantin di daerah itu.

Kegiatan itu diikuti oleh empat pasang calon pengantin. Sebelumnya mereka telah mengikuti vaksinasi pertama dan kedua serta menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Mijen.

Drs Daryanto,MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melalui Kabid P2PP Sukardjo,SKM,M.Kes dalam keterangannya mengungkapkan banyak calon pengantin yang belum mengenal dan memahami arti pentingnya kesehatan reproduksi.

“Karena itu edukasi mengenai kesehatan reproduksi sangat penting diberikan pada calon pengantin, banyak orang sekeliling atau lingkungannya yang tidak memberikan informasi yang benar dan bertanggung jawab seputar kesehatan reproduksi,”ungkapnya.

Sudah saatnya, lembaga pemerintah seperti KUA dan puskesmas memberikan dan membuka akses pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas. Terutama pada remaja dan calon pengantin.

Menurutnya, kesehatan reproduksi bukan saja terbebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan fungsi, sistem dan proses reproduksi manusia untuk melanjutkan keturunan saja. Namun, kesehatan reproduksi calon pengantin dapat diartikan sebagai keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial.

"Edukasi kesehatan reproduksi ini harus sering dilakukan. Sehingga, para calon pengantin dapat mengerti betul, bahwa reproduksi banyak saling berhubungan dengan kesehatan lainnya,”kata Sukardjo. ***

 


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.