DPRD Serahkan 3 Raperda Usulan ke Bupati Demak

 

Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Demak Masa Sidang III tahun 2022

DEMAK,BOLOMOE.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak menggelar Rapat Paripurna, Kamis (10/11/22). Rapat di gedung DPRD Demak tersebut salah satu agendanya penyerahan tiga rancangan peraturan daerah (raperda) usulan DPRD kepada Bupati Demak.

Ketua DPRD Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet menjelaskan, dalam rapat paripurna ke- 31, 32, dan 33 DPRD Demak Masa Sidang III (ketiga) tahun 2022 tersebut, terdapat tiga pembahasan. Meliputi, penyerahan usulan tiga (raperda) usulan DPRD kepada Bupati Demak.

“Tiga raperda tersebut terkait partisipasi masyarakat dalam pembangunan, penyelenggaraan jaminan kesehatan. Serta raperda tentang jaminan kesejahteraan dan perlindungan anak terlantar dan anak yatim piatu terlantar,” katanya.

Slamet menjelaskan, untuk agenda kedua dalam rapat paripurna tersebut yakni, penyerahan dua raperda usulan Bupati kepada DPRD Demak. Raperda tersebut berisi tentang pengelolaan sampah di Kabupaten Demak dan raperda tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kemudian dilanjutkan dengan agenda ketiga. Yakni, penetapan hasil penyerapan aspirasi masyarakat (Reses) DPRD Kabupaten Demak Masa Sidang II (kedua) tahun 2022,” imbuhnya.

Slamet menegaskan, pihaknya akan segera menindaklanjuti rapat paripurna tersebut dengan membentuk panitia khusus (pansus) yang akan dibahas di DPRD, baik raperda usulan legislatif maupun raperda usulan eksekutif.

“Pembentukan pansus akan segera kita tindaklanjuti. Mungkin di sekitar minggu depan atau pertengahan November,” terangnya.

Sementara itu, pihaknya berharap raperda tersebut dapat ditetapkan atau disahkan hingga  menjadi kepastian hukum kedepannya. Sehingga dapat menjawab kebutuhan masyarakat melalui raperda tersebut yang nantinya akan menjadi perda.

“Raperda ini disusun sesuai dengan kebutuhan masyarakat Demak tentunya. Maka itu jika disahkan menjadi Perda akan sangat bermanfaat,” tuturnya. (AW)

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh wibs24. Diberdayakan oleh Blogger.